Kamis, 04 Maret 2010

FALSAFAH BASKETKU



Saya berkeyakinan bahwa semua aspek dalam permainan basket berasal , berlangsung dan berakhir pada pemain yang bersangkutan.
Pemain yang bahagia adalah pemain yang baik. Latihan dan pertandingan harus selalu mengandung unsur Hiburan.

Latihan yang terlalu keras dan kurang mengandung unsur Hiburan akan mengakibatkan KEBOSANAN.

Meskipun disiplin pemain sangat dibutuhkan untuk mencapai hasil terbaik , saya lebih cenderung untuk memberikan pengertian bahwa yang menentukan sukses tidaknya permainan adalah PEMAIN ITU SENDIRI.

Saya akan selalu mendorong pemain saya untuk bermain dengan bebas tanpa rasa takut / tekanan akan melakukan kesalahan

Hanya dengan permainan yang bebaslah , seseorang dapat memberikan respon yang spontan terhadap berbagai situasi pertandingan.

Memforsir pemain-pemain andalan dalam satu tim tidaklah sulit .
Memperlakukan mereka secara tak adil dengan menyuruh beberapa pemain ini bermain terus untuk mencetak angka fantastis / atau meningkatkan rekor individu bukan pekerjaan yang sulit.

Tetapi ingat !! : semakin lama seseorang bertanding , semakin meningkat pula kelelahan dan semakin turunlah efektivitas pemainnya.

Saya lebih senang memilih pemain-pemain yang baik untuk komposisi pertama dan membuat 5 pemain berikutnya merasa bahwa diri mereka ”Penting”

Saya menyadari bahwa pemain cadangan tidak akan pernah bisa mengembangkan rasa percaya diri dan ketenangan , jika mereka tidak diikutkan dalam pertandingan reguler.

Sayapun menyadari bahwa para pemain cadangan tidak akan benar-benar merasa memiliki timnya , jika mereka tidak diikutkan pertandingan-pertandingan.

Saya merasa bertanggungjawab untuk mempersenjatai tim saya : dengan serangan dasar man-to-man / satu lawan satu dan zone defense (pertahanan wilayah) serta kemampuan untuk menggerakkan variasi-variasi dan modifikasi-modifikasi yang di perlukan , untuk mengatasi situasi-situasi tertentu.

Saya berpendapat bahwa pelatih harus percaya pada dirinya , serta pada metode-metode dan teknik-tekniknya , pelatih harus selalu ingat bahwa basket adalah : ADU KEBIASAAN.

Maka dari itu :
Menurut saya yang terpenting dalam bermain basket adalah : Pemain harus menjadi dirinya sendiri . BE YOUR SELF OK !

Tidak ada komentar: